Jumat, 21 Juli 2017

Gerak Nasti

Gerak Nasti

Hello guys.. Kali ini saya mau berbagi ilmu lagi nih... Semoga bermanfaat yaa...


Gerak nasti adalah gerak sebagian tumbuhan akibat rangsangan dari luar,tetapi arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangannya rangsangan.Berdasarkan jenis rangsangannya gerak nasti dibagi menjadi 5 yaitu,gerak niktinasti,fotonasti,seismonasti,termonasti,dan nasti kompleks.


*      Gerak Niktinasti adalah gerak akibat rangsangan dari lingkungan yang terjadi pada malam hari.Contohnya,menguncupnya daun tumbuhan Leguminosae(kacang-kacangan) menjelang petang akibat perubahan tekanan turgor pada tangkai daun.


niktinasti
https://youtu.be/0ViGJyFBpLI




       Gerak Fotonasti adalah gerak nasti tumbuhan akibat rangsangan cahaya. Contohnya,merekahnya bunga pukul empat(Mirabillis jalapa) pada sore hari.







https://youtu.be/D-xMtCe8Xr8



*      Gerak Seismonasti  adalah gerak nasti tumbuhan yang dipengaruhi oleh getaran atau sentuhan.Contohnya,gerak menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) saat disentuh.



https://youtu.be/aP3hUFllP5A

*      Gerak Termonasti adalah gerak nasti tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa suhu.Contohnya,bunga tulip yang selalu mekar di musim semi,merarnya bunga tulip disebabkan oleh suhu udara di musim semi lebih hangat dari musim dingin.



*      Gerak Nasti kompleks adalah gerakan tumbuhan akibat rangsangan yang diterima lebih dari satu macam.Contohnya,gerakan membuka dan menutupnya stomata karena pengaruh kadar ari,cahaya,suhu,dan zat kimia(gula dan protein).



http://ipagerakpadatumbuhan.blogspot.co.id/2016/06/assalamualaikum-wr.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alat Optik Teleskop

PENGERTIAN TELESKOP Teleskop adalah sebuah alat bantu penglihatan (optik) untuk mengamati benda-benda yang jauh terutama benda yang ber...