Jumat, 28 Juli 2017

Hukum Newton 3 dan Contohnya

Hukum Newton 3 dan Contohnya

Bunyi: “Setiap aksi akan menimbulkan reaksi, jika suatu benda memberikan gaya pada benda yang lain maka benda yang terkena gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang diterima dari benda pertama, tetapi arahnya berlawanan

 Maksud dari hukum newton 3 yaitu suatu benda baru akan berinteraksi apabila ada yang memberinya gaya, bentuk interaksi tersebut dengan membalas gaya yang telah diberikan ke pada benda tersebut ke arah sebaliknya.
Gaya tidak pernah bekerja pada satu benda, melainkan selalu bekerja pada dua benda dan setiap gaya selalu mempunyai dua ujung, ujung satu ke benda satu, dan ujung dua ke benda kedua.
Rumus
Bunyi Hukum Newton 1, 2, 3
Secara matematis, Hukum III Newton dinyatakan sebagai berikut yaitu:
Faksi = –Freaksi
Contoh penerapan Hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari ditunjukkan pada Gambar 1.6. Kaki dan tangan penyelam mendorong air ke belakang (gaya aksi) sehingga badan penyelam terdorong ke depan sebagai gaya reaksi.
Contoh hukum newton 3 dalam kehidupan sehari-hari:
hukum newton 3
  • Bola basket yang dipantulkan ke tanah akan memantul kembali
  • Seseorang yang duduk di atas kursi berat badan mendorong kursi ke bawah sedangkan kursi mendorong (menahan) badan ke atas.
  • Seseorang yang memakai sepatu roda dan mendorong tubuhnya ke dinding, maka dingin akan mendorong balik sebesar gaya dorong yang dikeluarkan, sehingga menjauhi dinding.
  • Adanya gaya magnet, gaya listrik, dan gaya gravitasi juga termasuk contoh hukum newton 3

sumber :
http://www.yuksinau.id/hukum-newton-1-2-3/
http://fismath.com/contoh-hukum-iii-newton-dalam-kehidupan-sehari-hari/
https://prodiipa.wordpress.com/kelas-viii/force-during-dribling-ball/hukum-newton-2/hukum-iii-newton/
http://angeliccasains.blogspot.co.id/2017/07/hukum-newton-3.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alat Optik Teleskop

PENGERTIAN TELESKOP Teleskop adalah sebuah alat bantu penglihatan (optik) untuk mengamati benda-benda yang jauh terutama benda yang ber...