Kamis, 18 Januari 2018

Kerajinan Dari Fiberglass

Kerajinan fiber adalah kerajinan yang dibentuk dari bahan bahan kimia seperti resin, katalis dan talk. kemudian bahan tersebut di campur sehingga menjadi adonan yang dapat mengeras sehingga membentuk sebuah bnetuk yang dibuat dengan cetakan. Sekarang ini banyak yang memakai fiber menjadi alternatif untuk membuat body kendaraan , patung, aksesoris, souvenir. Bahan- bahannya pun mudah di dapat di toko kimia.
kerajinan fiber murah di bandung
Contoh Kerajinan Fiberglass Patung dan Resin Bening

Cara membuat Kerajinan Fiber

Bahan bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan Fiber
  1. Resin
Resin adalah bahan kimia yang berbentuk cairan yang menjadi material utama , jenis resin ini juga bermacam-macam.
  1. Katallis
Katalis adalah cairan kimia yang berfungsi sebagai agen untuk membuat resin bereaksi dalam hal ini resin menjadi keras.
  1. Material Isian
Biasanya isisan yang digunakan untuk membuat produk ini adalah talc
  1. Serat Kaca
Material ini berfungsi sebagai tulang atau penguat dan berpartisipasi dalam membentuk resin menjadi bentuk yang diinginkan
  1. Material Tambahan Bahan yang digunakan berupa pigmen warna, bubuk mutiara, cobalt dan lainnya.
  2. Soda Api
  3. Air bersih

Alat yang Digunakan

  1. Alat yang digunakan untuk membuat kerajinan fiber adalah Wadah untuk menampung dan membuat adonan resin, untuk menghasilkan yang terbaik maka gunakanlah wadah dengan ukuran yang pas.
  2. Alat Pengaduk yang berupa kayu, logam dll
  3. Alat Cetakan
  4. Kuas
  5. Ember
  6. Amplas atau gerinda untuk menghaluskan

Langkah untuk membuat kerajinan

  1. Langkah pertama untuk membuat kerajinan fiber ini adalah menyiapkan cetakan terlebih dahulu sebelum melakukan proses pembuatan patung/produk fiber dimulai bersihkan cetakan jangan sampai ada kotoran yang menempel di permukaan cetakan, apabila menggunakan cetakan.
  2. Buatlah adonan resin dengan bahan isian dan katalis sesuai dengan takaran yang ada.
  3. Setelah adonan disiapkan, maka anda bisa mulai menuangkan adonan ke dalam cetakan. Pastikan semua permukaan terisi dengan penuh oleh adonan
  4. Agar menghasilkan adonan yang kuat, maka anda bisa menggunakan anyaman serat kaca atau fiberglass mat.
  5. lalu keluarkan produk resin yang sudah kering atau keras dari cetakan, lalu masukkan ke dalam ember yang sudah diberi air deterjen atau soda api. Rendamlah selama semalaman apabila menggunakan deterjen sekitar 30 menit
  6. Untuk menghilangkan kotoran sisa cetakan dan menghaluskan permukaan agar siap ke tahap selanjutnya maka anda bisa menggunakan amplas dan lakukanlah 3 atau 4kali tahap pengamplasan sesuai dengan kebutuhan.
  7. Pewarnaan produk resin, bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara menambahkan pigmen warna saat membuat adonan dan cara yang kedua yaitu dengan di cat.
  8. Untuk finishing, anda bisa menggunakan cat dengan warna yang diinginkan, dan apabila anda ingin agar terkesan natural maka anda bisa mengelapnya saja.

Peluang Bisnis Kerajinan Fiberglass

Untuk mengisi waktu luang, Anda bisa membuat sendiri kerajinan fiber di rumah anda bersama keluarga, misalnya membuat gantungan kunci, souvenir , pernak-pernik dan hiasan rumah. Bukan hanya untuk sekedar mengisi waktu luang atau menyalurkan hobi, anda bahkan bisa juga memanfaatkannya sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan. Karena masih minim sekali yang bisa membuat kerajinan dari fiberglass ini. Anda bisa mengajak teman, saudara, atau tetangga untuk mulai mengembangkan kerajinan ini.
Untuk pemasaran kerajinan fiber ini, hal pertama untuk memasarkan kerajinan fiber adalah memasarkannya lewat teman-teman terlebih dahulu atau bisa juga dengan media sosial, dengan media sosial maka usaha yang anda hasilkan akan semakin dikenal tanpa adanya batasan. Hasilnya pun cukup menjanjikan tidak kalah dengan usaha yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alat Optik Teleskop

PENGERTIAN TELESKOP Teleskop adalah sebuah alat bantu penglihatan (optik) untuk mengamati benda-benda yang jauh terutama benda yang ber...