Kamis, 18 Januari 2018

Kerajinan Dari Tanah Liat

Memiliki karya yang cukup unik dan kreatif merupakan keinginan banyak orang. Apa lagi jika barang tersebut merupakan kerajinan tangan yang memiliki nilai seni yang tinggi. Untuk membuat salah satu kerajinan tangan kita bisa membuatnya dari tanah liat.

Tanah liat merupakan bahan alami yang terdapat dari alam. Tanah liat berasal dari pelapukan kerak bumi yang sebagian besar tersusun oleh batuan feldspatik, granit, dan batuan beku. Kerak bumi yang terdirii dari unsur silikon, oksigen, dan aluminium. Aktivitas panas bumi membuat pelapukan batuan silika oleh asam karbonat, dari situlah terbentuknya tanah liat.
Tanah liat memiliki tekstur yang lunak dan mudah dibentuk, sehingga cocok untuk dijadikan sebuah kerajinan tangan. Biasanya kerajinan tangan dari tanah liat memiliki estetika yang cukup unik. Berikut beberapa contoh yang dapat dibuat dari tanah liat.

#1. Membuat Kerajinan Tangan Hiasan Bunga dari Tanah Liat

Membuat bunga sangat mudah dengan menggunakan tanah liat. Biasanya kerajinan tangan dari tanah liat hiasan bunga dibuat untuk belajar membuat kerajinan tangan dari tanah liat. Langkah-langkahnya sangat mudah.
  • Pertama Anda tinggal membuat adonan dari tanah liat dan adonan jangan terlalu lembek agar mudah dibentuk. Pipihkan adonan secara memanjang menggunakan tangan, setelah itu gulung adonan secara melingkar hingga membentuk kelopak bunga.
  • Setelah itu selesai Anda bisa membentuk kelopak bunga yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda harus membuat secara memutar adonan tersebut agar kelopak bungan menyatu.
  • Setelah kelopak bunga jadi, Anda bisa membuat beberapa kelopak lagi untuk hasil yang lebih bervariasi dan agar seperti bunga sesungguhnya. Jika Anda ingin menwarnainya, Anda dapat mewarnai menggunakan pewarna.

#2. Kerajinan Tangan  Vas Bunga dari Tanah Liat

Anda ingin membuat vas bunga dari tanah liat untuk pajangan di dalam rumah. Tak perlu membeli ke toko-toko. Anda bisa membuat kerajinan tangan vas bunga dari tanah liat dengan tangan sendiri. Caranya pun cukup mudah, tentunya Anda hanya memerlukan tanah liat yang digunakan untuk membuat vas bunga tersebut.
Cara mudahnya anda dapat menjemur terlebih dahulu tanah liat hingga kering, setelah itu Anda bisa menghaluskan tanah liat yang sudah dikeringkan, lalu Anda ambil tanah liat yang halus. Setelah Anda menyaring, Anda beri sedikit air tanah liat yang halus, lalu bentuk bulat seperti bola, setelah itu anda bisa pipihkan dan Anda sudah dapat membentuk vas bunga dari tanah liat yang sudah Anda pipihkan.
Lalu Anda tinggal merapikan, setelah rapih Anda dapat menjemur tanah liat buatan Anda hingga kering. Biasanya dijemur selama dua hingga tiga hari. Setelah itu Anda bisa menghaluskan vas bunga yang sudah kering menggunakan cutter atau amplas. Jika Anda ingin mengukirnya, Anda bisa mengukirnya.

#3. Kerajinan Tangan Asbak dari Tanah Liat

Jika di rumah Anda banyak orang yang suka merokok, dan Anda tidak ingin abu rokok orang yang merokok mengotori rumah Anda. Anda bisa membuatkan asbak dari tanah liat. Sekalian Anda bisa belajar untuk membuat kerajinan tangan yang kreatif bukan.
Asbak salah satu kerajinan tangan yang sangat mudah untuk dibuat. Bahan yang Anda perlukan cukup dengan tanah liat, dan campurkan dengan air. Jangan terlalu encer. Lalu Anda dapat membentuk tanah liat tersebut dengan bentuk asbak sesuai dengan keinginan Anda. Setelah itu Anda bisa menjemur tanah liat Anda dan setelah itu Anda bisa membakar tanah liat dari kayu bakar.

#4. Kerajinan Tangan Patung dari Tanah Liat

Patung dari Tanah Liat (aliviakhofifah.blogspot.com)Patung untuk pajangan di rumah Anda pun dapat Anda buat sendiri dengan tangan Anda sendiri. Anda dapat membuat kerajinan tangan berbentuk patung yang Anda inginkan menggunakan tanah liat.
Anda hanya memperlukan tanah liat, air, dan plastik. Campurkan tanah liat dengan air sedikit demi sedikit, lalu Anda bisa mengaduknya. Jika Anda memiliki ceteakan patung, Anda bisa menggunakan cetakan tersebut untuk membuat patung dari tanah liat. Setelah tanah liat dan air tercampur, Anda bisa membentuk tanah liat menjadi patung yang Anda inginkan. Setelah patung jadi, Anda bisa merapikan dan menghaluskan bagian-bagiannya. Agar lebih menarik, Anda bisa memberikan pewarna sesuai dengan bentuk patung Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alat Optik Teleskop

PENGERTIAN TELESKOP Teleskop adalah sebuah alat bantu penglihatan (optik) untuk mengamati benda-benda yang jauh terutama benda yang ber...